Waktu :

Input Device (Perangkat Input) => part 1

Perangkat input berfungsi sebagai media yang menjadi antarmuka antara sistem komputer dan lingkungan luar sehingga sistem komputer dapat mengerti instruksi dari manusia. Saat ini sudah sangat beragam bentuk dan jenis dari perangkat input/output terutama dengan perkembangan sistem artificial intelligence dimana komputer dan manusia dapat berkomunikasi secara lebih interaktif. Berikut ini adalah contoh - contoh dari input device. Kami memberikan 21 Contoh input device (walaupun sebenarnya masih banyak alat input yang lainnya) yang kami sajikan dalam 2 part artikel input device ini.


Keyboard / Papan Ketik

Keyboard merupakan papan kunci yang terdiri tombol dari huruf dari A-Z, angkat dari 0-9, karakter khusus seperti @, %, *, !, ?, dan beberapa tombol fungsi antara lain F1-F12, tombol windows, dll. Tombol-tombol ini digunakan untuk memasukkan perintah ke sistem komputer. Bentuk keyboard pada awalnya meniru dari bentuk tombol mesin ketik, sehingga sususan huruf dari keyboard saat ini sama persis dengan mesin ketik.

Cara kerja dari sebuah keyboard saat ini adalah jika ditekan sebuah tombol, maka suatu interrupt dari mesin akan timbul dan keyboard interrupt handler (sebagian kecil perangkat lunak yang merupakan bagian dari sistem pengoperasian) akan dimulai. Interrupt handler akan membaca register perangkat keras di dalam pengontrol keyboard untuk mendapatkan karakter yang baru saja ditekan. Ketika tombol dilepaskan, interrupt kedua akan ditimbulkan.
Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY yang bentuknya mirip mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki 4 bagian, yaitu :
1. Typewriter key
2. Numeric key
3. Function key
4. Special function key

Mouse
Fungsinya untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Sebagian besar mouse terdiri dari 3 tombol yaitu tombol kiri, tombol kanan dan tombol penggulung (scroll). Istilah penekanan tombol kiri disebut klik dimana penekanan akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang dituju. Terdapat pula istilah lain yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Tombol kanan biasanya digunakan untuk menampilkan pop up menu. Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse usb dan mouse wireless.


Pada awalnya, mouse menggunakan sebuah bola kecil yang dapat digerakkan dengan bebas. Pergerakan dari monitor di layar tergantung dari pergerakan bola tersebut. Namun saat ini sudah banyak beredar mouse yang menggunakan sistem optik sebagai acuan gerakannya. Mouse ini tidak memiliki roda maupun bola. Dengan sistem ini, pergerakan mouse menjadi lebih akurat dan lebih halus.

Saat ini terdapat beberapa macam jenis mouse. Pada dasarnya mouse mempunyai tiga tombol. Namun terdapat juga mouse yang memiliki dua tombol, sebagai ganti tombol satunya kedua tombol tersebut harus ditekan secara bersamaan. Saat ini juga beredar jenis mouse yang mempunyai tombol scroll. Hal ini untuk memudahkan menggulung atau berpindah tampilan jika dokumennya cukup panjang.

Touch Pad
Touch pad adalah perangkat yang fungsinya sama dengan mouse. Hanya saja gerakan pointer pada touchpad tergantung dari gerakan jari yang disentuhkan pada alat tersebut. Biasanya touch pad digunakan pada komputer mobile, yaitu laptop atau notebook. Touch pad sudah terintegrasi pada komputer jenis itu sehingga dapat menghemat tempat. Selain touchpad ada model unit yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.


Light Pen
Adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesign gambar dengan screen. Light pen banyak digunakan karena untuk keperluan menggambar, keyboard dianggap tidak memadai dan hasilnya menjadi kurang teliti. Dengan menyentuhkan ujung light pen pada monitor, maka komputer bisa mengetahui posisi titik mana yang tersentuh oleh light pen.





Joystick (tuas control)
Adalah alat masukkan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini biasa diguakan pada permainan (games) komputer. Selain untuk mengontrol permainan video, tuas control juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk.

Games Paddle (joypad / control pad)
Merupakan tipe controller permainan video yang mengutamakan penggunaan jari, khususnya ibu jari, untuk menjalankannya. Games paddle umumnya memiki tombol aksi di sebelah kanan dan pengontrol arah di sebelah kiri.
Barcode Reader
Yaitu alat untuk memindai kode barcode yang biasanya terdapat pada setiap produk, sebagai identitas bagi produk tersebut. Barcode merupakan sebuah bentuk pengkodean dari deretan angka ke dalam bentuk gambar. Barcode scanner digunakan untuk menyalin gambar barcode ke dalam bentuk pengkodean yang asli.

Scanner
Digunakan untuk mengcopy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.

Finger Scanner
Yaitu alat yang digunakan untuk memindai sidik jari seseorang untuk disalin menjadi informasi yang dapat disimpan ke dalam komputer. Setiap sidik jari manusia bersifat unik atau berbeda satu sama lain. Bentuk sidik jari dikodekan ke sebuah bentuk informasi yang dapat disimpan.

Biometric / Retinal Scans
Selain sidikjari, mata adalah komponen tubuh manusia yang tidak sama satu sama lain. Tiap orang memiliki karakter retina mata yang berbeda. Retinal scan merupakan alat yang dapat digunakan untuk membaca dan membedakan bentuk retina stiap orang.

Kamera digital
Dengan kamera digital, komputer mampu menerima input berupa gambar yang kualitasnya lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar melalui scanner. Ketajaman gambarnya ditentukkan oleh pixelnya. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dena kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditreansfer ke komputer.

0 komentar:

Posting Komentar

 
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by 9thsphere