Waktu :

Input Device (Perangkat Input) => Part 2

Kamera CCTV
Kamera jenis ini biasanya digunakan untuk mengamati lingkungan suatu area perusahaan, kantor, pabrik, perkebunan, dll. Bisa dipasang di dalam maupun di luar ruangan. Display dapat dikeluarkan melalui media TV atau komputer dengan beberapa alat tambahan (perangkat survey lance), untuk dihubungkan ke komputer melalui media kabel atau wireless. Hasil pengamatan dapat direkam ke media CD/DVD, kaset video, HDD, dll.




Mikropon
Merupakan alat untuk mengubah gelombang suara menjadi gelombang listrik analog. Dari sinyal analog ini kemudian diubah ke bentuk sinyal digital oleh sebuah alat yang dinamakan sound card. Dari data digital ini komputer bisa mengenali suara yang dimasukkan ke dalam mikrofon sehingga bisa diproses oleh sistem komputer.

Monitor Touch Screen
Touch Screen merupakan jenis perangkat input yang sangat populer saat ini. Perangkat ini berupa monitor yang dapat menerima input dari pengguna dengan cara ditekan pada sisi monitornya. Hal ini sangat memudahkan pengguna untuk mengoperasikan sistem operasi GUI sehingga dapat lebih interaktif. Monitor jenis ini memiliki dua peranan, yaitu sebagai input dan output.



Touch screen memungkinkan Anda menyentuhkan jari tangan pada pilihan tombol, graphic, atau label. Tempat yang disentuh merupakan lokasi dimana suatu pilihan atau perintah akan dieksekusi.

Webcam (Web Camera)
Merupakan sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant message, atau aplikasu video call. Istilah webcam juga merujuk kepada jenis kamera yang digunakan untuk keperluan ini.

Tablet grafis (graphic tablet / digitizing tablet / graphic pad / drawing tablet)
Merupakan hardware / input device komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan memasukkan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil. Sebuah graphic tablet terdiri dari tablet digital dan sebuah kursor ataupun sebuah pena digital (pen). Tablet digital memiliki permukaan yang pipih sebagai alas gambar yang terdiri atas perlengkapan elektronik yang dapat mendeteksi gerakan kursor atau pena digital kmudian menterjemahkannya menjadi sinyal digital yang dikirim langsung ke komputer. Setiap titik atau gerakan pada tablet merepresentasikan titik atau gerakan pada layer monitor, inilah yang membedakannya dengan fungsi mouse yang tergantung pada letak kursor. Hasil gambar tidak akan terlihat pada tablet itu sendiri, melainkan pada monitor komputer. Kursor (disebut juga puck) berfungsi layaknya mouse pada komputer, hanya saja kursor ini dapat memiliki sebanyak 16 tombol dan memiliki jendela dengan helai-helai rambut (crosshair) di dalamnya sebagai tempat posisi ujung titik yang dituju.

Sensor
Merupakan alat untuk menangkap fenomena alam untuk diterjemahkan ke dalam sistem komputer. Sensor dapat menangkap aksi seperti getaran, cahaya, warna, kelembapan udara, tekanan udara, suhu, dan lain-lain tergantung daripada jenis sensor.

Magnetic Strip
Merupakan suatu bentuk plastik pendek yang dilapisi sistem magnet dan biasanya dilekatkan pada kartu kredit maupun kartu berharga lainnya. Pada magnetic strip biasanya tertulis data pribadi pemegang kartu yang berisi nomor rekening, nomor pribadi serta kode aksesnya. Tulisan ini ditulis dalam bentuk kode-kode tertentu dan hanya bisa dibaca oleh komputer yang dilengkapi dengan mesin khusus.

CT-Scan (Computed Temography)
Alat ini dapat digunakan untuk mengetahui kondisi organ tubuh yang terdapat di dalam diri setiap pasien. Biasanya terdapat di rumah sakit besar yang memiliki laboratorium kesehatan yang komplit.

Electronic Draft Capture (EDC)
Banyak digunakan para kasir di pelbagai tempat pembelanjaan. Dengan menggosok-gosokkan kartu kredit ke alat ini maka data yang tersimpan di dalam magnetic strip akan terbaca dan diteruskan melalui jaringan telepon ke pusat data dari bank pemilik kartu. Dalam waktu singkat komputer akan menjawab apakah pemilik kartu tersebut mempunyai dana atau tidak. Pesan bahwa transaksi bisa diterima atau tidak bisa segera diterima oleh kasir yang bersangkutan.




Digitizer
Digunakan untuk memnidahkan suatu gambar dari kertas / mouse pada magnetik denagn bantuan light pen melalui layar monitor. Alat ini banyak digunakan untuk membuat tanda tangan, menggambar peta, dll.

0 komentar:

Posting Komentar

 
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by 9thsphere