Waktu :

Perangkat output berfungsi sebagai media yang menjadi antarmuka antara sistem komputer dan lingkungan luar sehingga sistem komputer dapat menyajikan informasi yang dapat dimengerti oleh manusia. Jenis perangkat output sangat beragam bergantung dari kebutuhannya.

Monitor
Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data atupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar sperti layaknya sebuah televise. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi inilah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkanpada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampaidengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

Proyektor Digital
Menyajikan gambar dalam bentuk sinar yang dipancarkan ke sebuah layar penerima. Cara kerjanya seperti proyektor film yang butuh layar untuk menangkap gambar. Biasanya orang menyebut Digital Proyektor dengan nama Infocus atau LCD Display.




Flat Panel
Menyajikan gambar ke sebuah panel yang cukup besar. Sebuah flat panel bisa mencapai ukuran sebuah layar bioskop.

Speaker
Speaker merupakan perangkat yang dapat menghasilkan gelombang suara. Speaker pada sistem komputer dipasang melalui port sound adapter. Jadi komputer harus memiliki sound adapter (biasanya disebut sebagai sound card) supaya bisa menghasilkan suara. Sound adapter bertugas mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog yang selanjutnya diubah oleh speker menjadi gelombang suara. Saat ini sudah terdapat berbagai macam jenis speaker, mulai dari yang konvensional sampai yang memiliki subwoofer agar menghasilkan kualitas suara yang baik.

Printer
Printer adalah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil proses dicetak di atas kertas. Printer merupakan media output dari komputer yang bisa menghasilkan tulisan, gambar, di dalam media kertas. Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Ukuran kertas yang dapat digunakan pun beragam. Tetapi untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran sangat besar, digunakanlah plotter.

Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang dirancang khusus guna menghasilkan output yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer maka pelbagai bentuk gambar dapat disajikan secara prima. Para arsitek menggunakan plotter guna mendapatkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari berbagai kegiatan.




Flat Panel Display
Adalah mencakup beberapa teknologi yang sedang berkembang memberikan tampilan video yang lebih ringan yang langsung dari televisi tradisional dan tampilan video menggunakan tabung sinar kathoda, biasanya ketebalannya lebih kecil dari 10cm (4 inci).

Flat Panel Display yang membutuhkan refresh berkelanjutan:
• Tampilan Pelasma
• Tampilan Kristal Cair (Liquid Crystal Display, LCD)
• Pemerosesan Cahaya Digital (Digital Light Processing, DLP)
• Tampilan Dioda Memancarkan Cahaya Organik (Organic Light Emitting Display, OLED)
• Tampilan Field emission (Field Emission Display, FED)
• Kristal Cair Atas Silikon (Liquid Crystal on Silicon, LCOS)
• Surface-conduction Electron-emitter Display (SED)

0 komentar:

Posting Komentar

 
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by 9thsphere