Waktu :

Input Output Device

Input output device adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk membantu memasukkan data atau mengeluarkan data, atau sekaligus memasukkan dan mengeluarkan data. Berikut ini adalah contoh dari input output device :

Touch Screen Monitor
Touch Screen merupakan jenis perangkat input yang sangat populer saat ini. Perangkat ini berupa monitor yang dapat menerima input dari pengguna dengan cara ditekan pada sisi monitornya. Hal ini sangat memudahkan pengguna untuk mengoperasikan sistem operasi GUI sehingga dapat lebih interaktif. Monitor jenis ini memiliki dua peranan, yaitu sebagai input dan output.



USB Flash Drive
Alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte.
USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.
Dengan menggunakan alat ini, data yang telah kita proses dapat disimpan terlebih dahulu dalam memory USB ini dan ini memberikan output berupa data yang tersimpan dan bila data yang telah kita simpan tersebut hendak digunakan kembali, kita inggal menghubungkan USB dengan komputer dan data tersebut menjadi data input.

CD – ROM
CD-ROM (singkatan dari Compact Disc - Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.
CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.

CD – RW
Compact Disk Rewritable disingkat CD-RW adalah CD-ROM yang dapat ditulisi kembali. CD-RW menggunakan media berukuran sama dengan CD-R. tetapi bukan menggunakan bahan pewarna cyanine atau pthalocyanine, CD-RW menggunakan logam perpaduan antara perak, indium, antimon, dan telurrium untuk lapisan perekaman.
Kandar CD-RW menggunakan laser dengan tiga daya yang berbeda. Pada daya yang tinggi, laser melelehkan logam paduan, yang mengubahnya dari kondisi kristalin reflektivitas tinggi menjadi kondisi amorf refletivitas agar menyerupai sebuah pit. Pada daya sedang, logam paduan meleleh dan berubah kembali dalam kondisi kristalin alamiahnya untuk menjadi land lagi. Pada daya rendah, keadaan/kondisi material ditelaah (untuk pembacaan), tetapi tidak ada transisi fase yang terjadi.

Disket / Floopy Disk
Merupakan alat untuk menyimpan data yang merupakan hasil dari suatu pemrosesan oleh komputer. Jenis fllopy disk yang terakhir dipakai adalah jenis DSHS yang berkapasitas 1,44MB. Disket floopy mempunyai sebuah notch (tekukan atau lubang) yang berfungsi untuk mencegah penulisan ke disket tersebut. Perlindungan ini disebut dengan write protection. Disket yang dilindungi dengan write protection tidak dapat ditulisi olej komputer sehingga terhindar sari perubahan, terutama perubahan akibat kesalahan atau ketidaksengajaan.

DVD
Merupakan sebuah media penyimpanan optical disk yang dapat digunakan untuk penyimpanan data, termasuk film dengan kualitas video dan suara yang tinggi.
DVD pada awalnya merupakan singkatan dari Digital Video Disc, namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital Versatile Disc agr jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensusnya antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah DVD saja, dan huruf-huruf tersebut secara “resmi” bukan singkatan dari apapun. Cukup disebut dengan DVD disc saja untuk tipe atau apappun atau DVD-ROM disc (meskipun secara teknis istilah tersebut tidak benar).

Blu-ray
Merupakan salah satu teknologi terbaru untuk optical disc. Blu-ray diciptakan untuk tingkat high definition video dan high density data yang lebih baik dibanding CD/DVD.




Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

Kartu Jaringan
Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

Card Reader
Card Reader Adalah alat untuk membaca kartu memori yang bisa dihubungkan ke komputer dengan kabel USB. pada awalnya card reader dirancang hanya untuk satu jenis memory saja, misalnya hanya kartu CF saja atau kartu SD saja. kini banyak didapati card reader yang dapat membaca bermacam2 kartu memori, alat ini sering disebut dengan Multicard reader.

Console
Console (Terminal) Adalah alat komunikasi antara oporator dengan komputer sehingga merupakan alat (device) yang melakukan fungsi input dan output.

0 komentar:

Posting Komentar

 
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by 9thsphere