Waktu :

Sejarah Komputer

Hampir setiap orang sekarang sudah dapat mengoperasikan komputer, untuk menyelesaikan tugasnya masing-masing di semua bidang pekerjaan. Tapi apakah kalian tau sejarah komputer diciptakan untuk apa??

Saya akan mencoba menjelaskan sejarah komputer dari misi awalnya.

Berawal dari zman dinasti cina, telah ditemukan nya sebuah alat hitung yang bernama sempoa, pada waktu itu digunakan untuk menghitung seberapa besar kemajuan sebuah dinasti / kerajaan yang dipimpinnya,,,

Dari zaman dinasti, kita berpindah ke zaman berikutnya, yakni dimulai dari ditemukannya mesin tik / ketik oleh Henry Mill pada tahun 1714, seorang penemu asal Inggris. namun pada saat itu temuannya belum digunakan untuk keperluan komersil, baru pada tahun 1870 seorang penemu asal Denmark Rasmus malling-Hansen menjadi orang pertama yang secara komersil menjual mesin ketik, dan itu juga belum menggunakan listrik. baru di tahun 1870 Thomas Edison menciptakan mesin ketik dengan listrik.

Terus mesin tik dikembangkan lagi oleh charles babbage, ia memulai ide sebuah komputer yang dapat diprogram. Mesin Babbage merupakan yang pertama dari komputer mekanikal, walaupun belum selesai, sebagian besar disebabkan oleh masalah keuangan dan pribadi. Ia mengarahkan pembuatan mesin bertenaga uap yang berhasil menuai sukses.

Atanasoff Berry Computer (AKA ABC) merupakan komputer elektronik pertama yang memiliki bobot lebih dari 700 pound. Pengerjaan komputer ini dimulai tahun 1937 oleh John Vincent Atansaoff dan Clifford Berry.penemunya harus meninggalkan universitas Iowa untuk Perang Dunia II pada 1942, meninggalkan proyek tersebut tanpa kemajuan. Karena penemu meninggalkannya akibat perang, tidak banyak orang yang tau kalau mesin ini telah ditemukan sampai 1960, yang kemudan menimbulkan kontroversi tentang penemuan komputer yang pertama.

Pada zaman itu komputer beratnya mencapai 30 ton, dengan ukuran 2.6 m x 0.9 m x 26 m dengan volume 63m kubik dan mengkonsumsi 150kW tenaga. pada masa sekarang komputer sudah tidak sebesar itu bahkan sekarang bisa dibawa kemana-kemana atau portable, hal itu disebabkan karena kemajuan teknologi elektronika, yang dimulai dari ditemukannya sebuah resistor.

Epson HX-20 merupakan komputer portable pertama dibuat tahun 1981. Ia berukuran seperi mesin jahit dan tidak dioperasikan dengan batterai.

0 komentar:

Posting Komentar

 
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by 9thsphere